DR Coffee

Senin, 02 Juli 2012

Potensi Belimbing Desa Tasikmadu Tuban

Kawasan desa Tasikmadu, Kecamatan Palang yang terkenal dengan belimbing madunya.
Tuban Melihat potensi dan keanekaragaman di berbagai desa yang tersebar di Kabupaten Tuban, Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban berencana membangun Desa Wisata.
Hal tersebut disampaikan oleh kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban, Farid Ahmadi, Kamis (28/06/2012). Pasalnya, beberapa Desa yang ada di Kabupaten Tuban ini memiliki potensi yang mempu membuat produk-produk unggulan.

Farid mencontohkan beberapa desa yang berpotensi seperti Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang yang terkenal dengan Belimbing Madunya, Kecamatan Jatirogo yang terkenal dengan Pengolahan Makanan Ringan berbahan Jagung disertai Pengemasanya, serta beberapa desa kecamatan Kerek yang selama ini terkenal dengan Batik Tulisnya.
“Setiap Desa yang ada di Kabupaten Tuban ini sebenarnya sudah banyak yang mampu membuat produk-produk unggulan. Namun untuk sasaran kali ini, kita tujukan kepada desa yang sudah mampu menembus Pasar Nasional dan Internasional, seperti Belimbing Tasikmadu, Batik Kerek dan Makanan Ringan yang terbuat dari Jagung di Kecamatan Jatirogo,” ujar Farid.
Pembangunan Desa Wisata tersebut sudah diagendakan oleh Pemerintah Daerah, yang rencananya akan direalisasikan pada tahun 2013 mendatang.
“Kami sudah mengusulkan kepada pemerintah daerah, dan Alhamdulillah pada tahun 2013 nanti akan segera terealisasi,” tambah Farid.

Untuk penataan pembangunan Desa Wisata itu, Dinas Perekonomian dan Pariwisata, rencananya akan mendatangkan seseorang yang ahli dalam bidang Desa Wisata tersebut.
“Sebelum melakukan pembangunan Desa Wisata, kita akan mengundang seorang konsultan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang ahli dalam bidang penataan kawasan Desa Wisata,” pungkas Farid.

1 komentar:

Posting Komentar